PERINGATAN HARI GURU DI SMK TELKOM MEDAN

  • Administrator
  • 30 November 2016 09:25

Hari Guru Nasional diperingati bersamaan dengan perayaan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Ini bermula dengan perjuangan para guru Tanah Air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Organisasi unitaristik ini beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. Umumnya mereka bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua. Di masa yang sama, berkembang juga organisasi guru dengan beragam latar belakang seperti keagamaan, kebangsaan, dan lainnya.

Sekitar dua dekade kemudian Nama PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Penambahan kata “Indonesia” mengejutkan pemerintah Belanda. Pasalnya, kata tersebut mencerminkan semangat kebangsaan.

Kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak dengan pihak Belanda. Secara bertahap, jabatan Kepala HIS (Hollandsch Inlandsche Schoo atau sekolah Belanda untuk bumiputera) mulai diambil alih orang Indonesia. Akhirnya, terbitlah cita-cita kesadaran bahwa perjuangan para guru Indonesia tak lagi tentang perbaikan nasib maupun kesamaan hak dan posisi dengan Belanda, tetapi memuncak menjadi perjuangan nasional. Pemerintah Jepang melarang semua organisasi dan menutup semua sekolah dan membungkam PGI Pada masa tersebut.

Barulah setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PGI kembali menggeliat.Kongres Guru Indonesia digelar pada 24–25 November 1945 di Surakarta.Para peserta kongres sepakat menghapuskan semua organisasi dan kelompok guru berlatar belakang perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku. Inilah cikal bakal bersatunya guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk.

Mereka akhirnya meresmikan kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945. Dan sejak saat itu, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional dan menjadikannya momentum penghormatan kepada para pahlawan tanpa tanda jasa di Tanah Air.

Teacher Day Telkom Schools

Selamat Hari Guru SMK Telkom Medan

Hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2016 di peringati SMK Telkom Medan dengan Upacara yang petugasnya semua adalah guru-guru. Seperti Pemimpin Upacara, Pemimpin Barisan, Pengibar Bendera, dan Dirigen Paduan Suara. Upacara ini berlangsung dengan lancar dan hikmat, di akhiri dengan suasana haru biru karena beberapa siswa-siswi perwakilan OSIS SMK Telkom Medan berdiri di depan barisan para guru sambil memegang bunga berjalan mendatangi guru-guru dan memberikan bunga tersebut di iringi dengan lagu Hymne Guru.

Upacara Hari Guru di SMK Telkom Medan

Upacara ini sekaligus penobatan Purna Bakti Bp. Misno sebagai pensiunan SMK Telkom Medan. Kepala Sekolah Bp. Ir. Januar, M.Si memberikan selempang Purna Bakti dan guru-guru makan Nasi Tumpeng bersama.

Pemakaian Selempang Purna Bakti Oleh Kepala Sekolah Bp. Ir. Januar, M.Si Kepada Bp. Misno

Makan Nasi Tumpeng Bersama

Belum selesai kegiatan di Hari Guru dengan Upacara juga dengan Lomba Ranking 1, Menari kreasi Maumere, di hari berikutnya tanggal 26 November 2016 di adakan Lomba Menyanyi antar kelas yang di wakilkan Wali Kelas dan 1 orang siswanya dan juga keseruan saat penampilan Semut Teater di sela-sela lomba menyanyi . Tidak lupa dengan kegiatan Donor Darah yang di selenggarakan oleh PMR SMK Telkom Medan yang bekerja sama dengan PMI dan di ikuti seluruh siswa, guru dan staf bahkan Petugas Polisi dari Polsek Deli Tua juga menyempatkan diri ikut serta dalam acara donor darah di SMK Telkom Medan.

L


Lomba Ranking 1


Lomba Joget Kreasi Maumere

Lomba Menyanyi Antar Kelas


Penampilan Teater SMK Telkom Medan

Keikut sertaan Personil Polsek Deli Tua Dalam Acara Donor Darah Bp. Iptu Nahar Siregar dan Bp. Bripka Natal Ginting

Kegiatan Donor Darah di SMK Telkom Medan

Di hari yang sama Bp. Adrianto, M. Kom sebagai WAKA Kurikulum mengumumkan 3 Besar Guru Terbaik SMK Telkom Medan yaitu Sir Reinaldi (Guru Terbaik I), Sir Ferry (Guru Terbaik II) dan Pak Wahyudi (Guru Terbaik III) tahun 2016.

Para Guru Terbaik diSMK Telkom Medan