KEGIATAN NAPAK TILAS SMK TELKOM MEDAN

  • Administrator
  • 29 November 2016 10:23

apak tilas adalah dari basa jawa. Napak dari kata tapak yaitu bekas kaki sedangkan tilas artinya bekas dari seseorang. Jadi napak tilas ialah bekas/jejak seseorang yang pernah berbuat sesuatu ditempat itu. Contoh napak tilas yaitu perjuangan panglima Sudirman, ketika beliau melawan Belanda dengan ditandu bergerak dari Kediri kebajulan penuh semangat. Hal tersebut dilakukan setahun sekali tiap bulan tertentu, dengan melewati jalan setapak, sungai maupun lembah yang di lewati Panglia Sudirman hanya berjalan kaki dengan rombongannya melawan penjajah Belanda disitu dan diharapkan adalah nilai kegigihan para pejuang pahlawan bangsa sehingga dapat generasi penerus akan meniru semangat tersebut.

SMK Telkom Medan juga membuat kegiatan seperti Napak Tilas tersebut bisa di bilang menjadi tradisi setiap tahunnya, tepatnya pada tanggal 24 November 2016 sebelum Hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2016. Kegiatan Jalan Santai ini mengikut sertakan semua siswa-siswi, guru dan staf pegawai SMK Telkom Medan. Di mulai dari Lapangan SMK Telkom Medan sebagai titik kumpul semua peserta lalu berlanjut masing-masing Wali Kelas memimpin kelasnya untuk mengomandokan jalan bersama dengan melakukan pelepasan oleh Kepala Sekolah Bp. Ir. Januar, M.Si. dan tidak lupa para guru dan staf ikut menyusul di belakang peserta.

Kebersamaan Saat Napak Tilas Berlangsung

Setelah itu berjalan beriringan mengikuti rute yang sudah di berikan oleh panitia, Napak Tilas ini bukan hanya bertujuan untuk merekatkan kebersamaan anatar kelas, jurusan, guru dan murid serta staf pegawai tetapi juga meningkatkan kedisiplinan dan kekompakan dari masing-masing kelas. Mulai dari kekompakan baju, semangat yel-yel dan disiplin mengikuti peraturan panitia selama napak tilas berlangsung menjadi hal penting dalam kegiatan ini.

Lomba Pecah Piring Antar Guru dan Staf Pegawai

Keseruan Guru-Guru Saat Lomba Memasak

Bukan hanya napak tilas tetapi banyak perlombaan lain yang mengisi keseruan kegiatan ini, seperti pecah piring dan lomba masak yang di khususkan untuk guru dan staf.