Hari Guru ke 76

  • Administrator
  • 25 November 2021 00:00

Jika pahlawan perang bergelut dengan senjata dalam mengusir penjajah, maka para guru kala itu berupaya membebaskan masyarakat Indonesia dari belenggu penjajahan dengan membentuk Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Didirikan pada 1912, kala itu Raden Mas Ngabehi Dwidjosewojo, salah satu anggota Pengurus Besar Budi Utomo dan guru dari kalangan priyayi membentuk PGHB.

PGHB bertujuan untuk memperjuangkan nasib para anggotanya yang berlatar belakang berbeda-beda. Terlebih adanya kesenjangan gaji yang didapatkan guru pada masa itu.

PGHB terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. Mereka kemudian mendirikan asuransi jiwa nasional pertama bernama Onderlinge Levensverzekering Maatschappij PGHB (O.L Mij. PGHB).

Guru adalah pilar dari pendidikan dan sering disebut dengan pahlawan tanpa tanda jasa.

Untuk menghormati jasa guru-guru yang telah memberikan berbagai ilmu kepada masyarakat luas, setiap tahun pada tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Sejarah Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, dengan sebuah Keputusan Presiden, yaitu Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. PGRI sendiri terbentuk pada 25 November 1945.

SMK Telkom Medan juga memperingati Hari Guru yg Ke-76 ,

Dengan Upacara pagi dan Lomba untuk para guru ,

Semoga para guru juga semakin semangat untuk mendidik anak-anak bangsa yg akan menjadi sukses ,

Selamat hari Guru dan Salam Sehat :)


4i6unM3d-Ez8B04p3EGDs17Q3aiuFjvU.png